Mengenal Jenis-jenis Kulit Wajah

Mengenal Jenis-jenis Kulit Wajah 



Mengenal Jenis-jenis Kulit Wajah
Perawatan wajah merupakan salah satu perawatan kulit yang penting. Bukan saja karena wajah adalah bagian tubuh yang paling sering terlihat ataupun dilihat orang, akan tetapi juga disebabkan oleh kondisi kulit wajah yang lebih sensitif dibandingkan kulit pada bagian tubuh lainnya.

Pengaruh hormon terhadap kulit wajah

Pada masa perubahan pertumbuhan dari anak-anak ke remaja, mengakibatkan meningkatnya produksi kelenjar minyak pada tubuh. Hal ini membuat kulit wajah menjadi lebih sensitif dan menimbulkan masalah seperti jerawat. Dengan bertambahnya usia, produksi hormon dan kelenjar minyakpun semakin menurun, akibatnya kulit menjadi cenderung kering dan keriput. Itulah sebabnya perawatan kulit wajah wajib menjadi perawatan kulit yang diutamakan, bagi pria maupun wanita. 

Untuk dapat melakukan perawatan secara tepat dan maksimal terhadap kulit wajah, anda perlu mengetahui jenis kulit wajah anda. Kulit wajah dapat di kelompokkan menjadi lima jenis, yaitu:

1.Kulit wajah berminyak

Kulit wajah berminyak umumnya memiliki pori-pori yang besar. Kulit berminyak memerlukan perawatan yang lebih dibanding jenis lainnya, karena kelenjar minyak mengeluarkan minyak secara berlebihan sehingga kotoran maupun debu akan mudah menempel dan masuk ke dalam pori-pori. Produk perawatan wajah yang mengandung banyak air atau system kerjanya berdasarkan air sangat dianjurkan untuk kulit jenis ini.

2, Kulit wajah normal

Kulit normal adalah kulit dengan kadar air dan minyak yang seimbang, yaitu 70% kadar air dan 30% minyak. Kulit wajah tipe ini lebih mudah dalam perawatannya, tapi bukan berarti anda bebas untuk berganti-ganti produk lho! Untuk mengetahui apakah jenis kulit anda termasuk tipe kulit normal cukup mudah, tempelkan selembat tissue pada wajah anda bila pada tissue tidak terdapat bekas minyak, berarti anda memiliki kulit wajah normal.

3.Kulit wajah kering

Jenis kulit kering termasuk jenis kulit yang ditakuti wanita, karena kulit jenis ini terlihat kasar dan keriput. Cara mengenali jenis kulit ini adalah dengan menyapukan tissue pada wajah anda, bila setelah disapukan tissue tetap kering, bahkan wajah anda terasa kering, kencang dan pecah-pecah, maka dapat dipastikan anda memiliki jenis kulit wajah kering. Walaupun jenis kulit ini mirip dengan jenis kulit kering, kulit kering adalah jenis kulit yang kurang kelembabannya. Minum air 8 gelas sehari dangat dianjurkan bagi pemilik kulit jenis ini, selain melakukan tambahan perawatan karena kulit jenis ini mudah berkeriput. Agar kelembaban kulit tetap terjaga, rajin-rajinlah menggunakan pelembab yang mengandung vitamin E

4.Kulit wajah sensitif

Jenis kulit sensitif cukup sulit untuk dirawat, karena Janis ini sangat sensitif terhadap penggunaan bahan kimia, sinar matahari, debu ataupun perubahan cuaca. Untuk melakukan perawatan terhadap jenis kulit ini harus diketahui terlebih dahulu baha-bahan yang digunakan dalam produk perawatan kecantikan, usahakan mencoba sedikit terlebih dahulu untuk mengetahui reaksi kulit terhadap bahan tersebut.

5. Kulit wajah kombinasi

Kulit kombinasi adalah jenis kulit yang hanya berminyak pada beberapa bagian tertentu saja, seperti hidung atau dahi sedangkan bagian lainnya berjenis kering. Untuk perawatan jenis kulit ini juga dibutuhkan dua cara perawatan yang berbeda tergantung jenisnya. Penggunaan masker kombinasi seperti alpukat dan madu sangat disarankan, karena kulit kerim tetap dapat dijaga kelembabannya, sedangkan bagian yang berminyak tetap dapat terkontrol produksi minyaknya. Bila beraktivitas di luar rumah, gunakan toner untuk bagian yang berminyak dan pelembab di daerah yang kering.

Setelah anda mengetahui jenis kulit anda, lakukan perawatan menggunakan cara alami ataupun menggunakan produk kecantikan sesuai dengan jenis kulit tersebut, untuk mendapatkan hasil maksimal.

4 comments:

Post a Comment

 
.comment-content a {display: none;}