Penyebab komedo dan cara mengatasinya

Penyebab komedo dan cara mengatasinya


Penyebab komedo dan cara mengatasinyaKulit wajah yang sehat alami tentu menjadi dambaan setiap orang. Dalam tips perawatan wajah berikut akan di ulas mengenai penyebab komedo dan cara mengatasinya. Komedo yang menempel pada hidung, walaupun bukan sebuah penyakit serius namun akan membuat anda merasa tidak nyaman dan rendah diri. Akan mudah bagi anda untuk mengatasi masalah komedo ini, bila anda tahu penyebab dari komedo. Karena dengan mengetahui penyebab komedo, anda dapat mengantisipasinya secara tepat.


Penyebab timbulnya komedo 


Komedo sendiri terdiri dari 2 jenis yang berbeda, yaitu komedo terbuka atau sering juga disebut dengan Blackhead dan komedo tertutup sering disebut whitehead. Komedo blackhead jika diperhatikan tampak seperti pori- pori yang membesar dan berwarna hitam. Warna hitam tersebut disebabkan karena adanya oksidasi dengan udara. 


Sementara itu komedo whitehead terlihat layaknya benjolan kecil dibawah kulit. Benjolan komedo ini terjadi akibat tersumbatnya lapisan kulit ari oleh kotoran dan lemak.
Komedo yang tumbuh disekitar hidung terjadi akibat kurang terjaganya kebersihan wajah. Produksi kelenjar minyak yang berlebih dan juga adanya sel kulit mati membuat tersumbatnya pori-pori wajah. 


Dengan penyumbatan pori- pori ini maka akan terbentuklah komedo, baik itu komedo jenis blackhead dengan warna yang hitam maupun komedo whitehead yang berada pada lapisan kulit ari. 


Cara mengatasinya komedo

 
Setelah kita mengetahui penyebabnya maka kita harus mengusahakan agar komedo tidak timbul dan juga bagaimana menngatasi wajah yang telah ditumbuhi komedo
Untuk mencegah timbulnya komedo dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan wajah. Rajin- rajinlah mencuci muka ketika merasa wajah kotor ataupun saat wajah berminyak agar tidak terjadi penyumbatan pori- pori.


Bilamana komedo telah bersarang pada wajah maka anda dapat mencoba cara-cara berikut


1.Membiasakan cara hidup sehat seperti konsumsi makanan yang cukup gizi, adalah salah satu cara mengatasi komedo


2.Gunakan lidah buaya untuk membasmi komedo, caranya belahlah lidah buaya dan oleskan lendirnya pada wajah. Biarkan selama 10 menit dan bilas dengan menggunakan air.


3.Manfaatkan putih telur untuk menghilangkan komedo, campurkan putih telur degan 1 sendok the madu, pastikan campuran sudah rata. Kemudian oleskan campuran telur dan madu pada wajah anda dan biarkan sampai benar-benar kering. Selanjutnya bilaslah dengan air hangat, lakukan ini sebelum tidur.


4. Banyak-banyaklah minum air putih, usahakan untuk minum minimal 8 gelas air sehari, dengan minum yang banyak akan semakin melancarkan pencernaan anda, sehingga anda dapat memperoleh kulit yang sehat.


Bila anda sudah tahu bagaimana cara mencegah dan menghilangkan komedo, segeralah praktekkan. Ingat tak ada sesuatu yang diperoleh dengan instan, jadi lakukan sampai komedo benar-benar hilang. Selamat mencoba!

 
.comment-content a {display: none;}