Faktor Penyebab Flek Hitam di Wajah

Faktor Penyebab Flek Hitam di Wajah


Faktor Penyebab Flek Hitam di Wajah
Memiliki wajah cantik dan berseri merupakan idaman bagi setiap wanita, namun impian tersebut menjadi buyar karena adanya flek hitam di wajah. “Mengapa ada noda hitam ini di wajah?” bagi anda yang mengidamkan wajah yang cantik dan bersih, mungkin ini juga menjadi pertanyaan anda.

Banyak sekali factor-faktor penyebab munculnya flek hitam di wajah, seperti sinar matahari, alat kosmetik dll. Agar anda dapat tampil percaya diri dimanapun anda berada, tentunya anda wajib menghindari kemungkinan timbulnya flek hitam diwajah.

Berikut beberapa factor penyebab flek hitam di wajah


1. Terkena sinar matahari secara langsung

Sinar matahari yang mengandung sinal UV atau ultraviolet bilamana terkena langsung pada kulit akan merusak gugus sulfihidril di epidermis yang mengakibatkan tidak adanya penghambatan proses pigmentasi. Untuk itu agar anda terhindar dari flek hitam dianjurkan untuk sering membasuh wajah dan menggunakan krim pelindung UV saat beraktivitas di luar rumah.

 2. Penggunaan make up dan kosmetik

Wanita tidak dapat dipisahkan dari make up, namun penggunaan produk kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit justru akan membuat wajah kering, muncul flek hitam, dan kulit terlihat lebih tua. Selain itu produk kosmetik yang mengandung zat pewarna dan bahan- bahan tertentu juga dapat menyebabkan hiperpigmentasi pada kulit wajah saat anda kontak langsung dengan matahari.

3. Pil Kontrasepsi

Penggunaan pil kontrasepsi sering menyebabkan ketidak seimbangan hormon esterogen, progesteron, dan juga MSH. Bagi wanita pengguna pil kontrasepsi, flek hitam biasanya akan muncul dan tampak dalam 1  bulan hingga 2 tahun setelah pemakaian pil.

4. Faktor genetik

Faktor genetika menjadi salah satu penyebab flek hitam pada wajah. Sekitar 20%- 70% dari keluarga yang mempunyai flek hitam akan menurun pada anaknya. Faktor genetik lainnya berhubungan dengan ras, hiperpigmentasi juga sering dialami oleh ras dengan kulit berwarna gelap.

5.  Obat- obatan

Berhati-hatilah dalam mengkonsumsi obat- obatan, anda perlu mewaspadai obat-obatan yang dapat menyebabkan timbulnya flek hitam di wajah antara lain obat dengan kandungan klorpromazine, mesantoin, difenilhidantoin, dan minosiklin. Kandungan obat ini akan menimbun pada lapisan dermis dan secara tidak langsung merangsang adanya proses hiperpigmentasi.

6. Bekas jerawat

Jerawat yang menimbulkan bekas pada wajah juga menjadi faktor penting penyebab pigmentasi kulit yang berujung pada timbulnya flek hitam. Oleh sebab itu bagi anda yang ingin menghindari flek hitam di wajah, anda juga harus menghindari penyebab tumbuhnya jerawat karena kedua hal ini punya kaitan erat.

3 comments:

wah baru tau nihhh...
terimaksih bayak gan udah berbagi

terimakasih gan udah datang berkunjung

ayoo..sist..dah ada tips menarik kan..langsung dipraktekin yaa & tetap cantik..winkandkissbeauty

Post a Comment

 
.comment-content a {display: none;}